Selasa, 20 Mei 2008

Membuat Website Blog dengan www.wordpress.com

Membuat Website Blog dengan www.wordpress.com
July 13, 2007 by Hartoyo, MA. Ph.D

Ada banyak alternatif layanan pembuatan website, salah satu yang terpopuler adalah wordpress (http://www.wordpress.com) dan blogger (http://www.blogger.com). Mengapa memilih www.wordpress.com? WordPress menyediakan beberapa menu yang menarik dan cukup mudah untuk mengoperasikannya serta dilengkapi fasilitas free (gratis dalam membuat situs blog). Dengan bandwith + 50 Mb, menjadikan wordpress banyak diminati. Di samping penyediaan kapasitas yang besar, tersedia juga feature tambahan dan template, tanpa iklan, dan yang menarik adalah user dapat update dalam bentuk teks maupun gambar sekaligus, yaitu dengan copy - paste, dan hasilnya dapat dilihat langsung di internet. Tidak mengherankan kalau wordpress dimanfaatkan sebagai “catatan harian” (diary) oleh user, sehingga sesama pembuat blog dapat tukar informasi atau sebagai ajang unjuk berkomunikasi. Tidak hanya itu saja, fasilitas ini juga dapat digunakan sebagai media untuk belajar, memasukkan ideologi, karya monumental, dan sejenisnya baik bermakna positif maupun negatif, tergantung user blog.

Mari kita mencoba membuat website dengan www.wordpress.com, ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
1. Pastikan e-mail anda masih aktif. Hal ini sangat penting, karena ketika akan registrasi akan ditanyakan e-mail yang dapat digunakan sebagai media untuk posting agreement dari www.wordpress.com saat melakukan transaksasi pembuatan domain, karena dari e-mail tersebut anda akan memperoleh username dan kata sandi (password). Kalau anda belum punya e-mail silakan buat dulu, agar mempercepat proses instalasi (pelajari cara membuat e-mail account).
2. Pastikan anda telah membuka situs wordpress di http://www. wordpress.com, ingat jangan sampai salah mengetikkan pada alamatnya.

3. Buat account baru, dengan cara klik “Start your free WordPress Blog WordPress Blog”. Dengan demikian, anda telah memilih registrasi gratis.

4. Isi form Registrasi yang telah disediakan www. wordpress.com
Masukkan username serta e-mail Anda. Anda tidak boleh mengarang, e-mail yang dibutuhkan adalah yang masih aktif, contoh: janky_04@yahoo.com.
Di bawah e-mail address, akan muncul agreement, yaitu dengan memberi tanda [√] pada kotak yang tersedia di depan “I have read and agree to the fascinating term of service”. Setelah memberi tanda setuju, anda dapat melanjutkan perintah pengisian form selanjutnya dengan mengklik next.
Adapun contoh pengisian form pendaftaran dapat dilihat pada gambar sebagai berikut.

Namun demikian, dakalanya ketika Registrasi terdapat peringatan bahwa username maupun e-mail address yang dimasukkan salah atau kebetulan telah digunakan user lain. Registrasi yang salah/telah dipakai user lain pasti dihighlight yang mempermudah user untuk membetulkan. Ketentuan pengisian username minimal 4 karakter (bisa huruf maupun angka).
Sebagai contoh bentuk koreksi Registrasi yang dapat diterima oleh www.wordpress.com adalah dengan mengganti username dan e-mail. Contoh dapat dilihat sebagai berikut.

Dan ketika Registrasi diterima, maka yang muncul adalah anda diminta untuk memberikan nama pada title blog anda. Title dapat dilihat manakala blog anda sudah on-line, yaitu sebagai header blog. Dalam contoh ini adalah Nailim sebagai title blognya.

Dengan meng-klik Signup, anda telah berhasil melakukan Registrasi, dan akan nampak pada halaman selanjutnya, perintah untuk memeriksa keaktifan e-mail anda.

Sementara menunggu (+ 30 menit) perintah selanjutnya, e-mail anda harus masih diaktifkan, karena melalui e-mail anda tersebut, pihak www. wordpress.com akan memberikan tanda kesepakatan (agreement acceptance) sekaligus password pribadi anda. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Registrasi, dengan cara klik http://www.wordpress.com/activate/……,sebagaimana gambar berikut.

Langkah berikutnya adalah melihat dan mencatat username anda sendiri serta password yang telah diberikan pihak www.wordpress.com.

5. Walaupun resigistrasi sudah berhasil, namun perlu dicek hasil Registrasi tersebut, yaitu pada www.izza2004.wordpress.com secara langsung yang diberikan oleh www. wordpress.com tentang bisa/tidaknya aktivasi blog yang sudah dibuat, yaitu dengan cara login.

6. Ketika anda meng-klik www.izza2004.wordpress.com., maka akan muncul halaman, yang untuk membukanya diharuskan login sesuai dengan username, misalnya username: izza2004; password: ie90s6. Kalau anda susah mengingat password yang diberikan oleh www.wordpress.com, alangkah baiknya anda mengganti sendiri dengan klik “up date your profile or change your password”.
7. Ketika login berhasil, maka akan muncul halaman baru yang menyuguhkan menu di taskbar, yaitu my account, my dashboard dan new post, sebagaimana gambar berikut.

8. Dengan kehadiran 3 menu tersebut, anda bebas memilih. Untuk menyajikan suguhan supaya dapat dinikmati teman atau orang lain di dunia, maka anda cukup klik my dashboard, di sana akan muncul beberapa menu, yaitu dashboard, write, manage, comments, blogroll, presentation, users, option, dan upgrades.

9. Beberapa menu tersebut akan menjawab pertanyaan besar anda, mengapa web saya masih mulus? Supaya teman anda tidak kecewa dengan kekosongan web anda karena kering informasi maupun animasi gambar, klik write untuk membuat menu yang dapat dinikmati oleh teman, misalnya anda ingin mempublikasikan siapa diri anda, ketik my profile di bawah tulisan categories, lalu klik add>>, seketika itu di bawahnya akan muncul my profile. Untuk mengaktifkannya, anda cukup mencawang my profile dan pada sisi kiri, anda dapat memberi judul pada menu title, dan dapat memberikan isi pada menu post. Untuk mengetahui hasil dari profile anda, cukup dengan klik save dan publish, maka anda dapat melihat hasilnya dengan klik view site di menu taskbar.

10. Web yang isinya teks saja, akan terkesan kering dan statis, maka anda dapat menambah gambar, video, dan sebagainya. Cara anda persiapkan dulu file yang akan dipadukan dengan teks tersebut, setelah filenya siap, anda cukup klik browse pada menu write. Browse akan mencari dimana letak file yang anda simpan dan siap dieksekusi, supaya anda tidak lupa dengan file yang anda gunakan, maka pada dapat diberikan nama pada title. Lihat gambar sebagai berikut.

Setelah file selesai dieksekusi, klik upload, dan hasilnya dapat dilihat langsung, seperti contoh berikut.

Dengan demikian halaman web di atas tidak hanya teks yang terlihat, namun ada gambar yang dapat dinikmati. Untuk melihat hasil dari upload gambar tersebut, dapat meng-klik menu view site, sebagaimana gambar berikut.

11. Dengan demikian, ketika teman anda atau orang lain mau mengakses web anda, di halaman pertama sudah disuguhkan informasi serta visualiasasi gambar, sebagaimana gambar berikut.

12. Nah…..sekarang Web anda sudah dapat dinikmati teman anda maupun orang lain. Namun demikian perlu diingat bahwa jangan pernah lupa sign out, manakala anda telah login, dengan sign out halaman web anda akan aman dari orang yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan telah telah tertutup halaman web anda.
13. Untuk menambah kekayaan dan kemahiran web, anda sesering mungkin otak-atik sendiri. Pantang menyerah, dunia sekarang dalam genggamanmu.
14. Selamat mencoba

Tidak ada komentar: